Kamis, 29 November 2012

B.Indonesia, Kls X

Paragraf Eksposisi


} Eksposisi Definisi
Peta pertama kali dibuat oleh seorang Yunani bernama Claudius Ptolemeus. Menurut Erwin Raisz, peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil dengan berbagai kenampakan dan ditambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal. Organisasi kartografi internasional atau disingkat ICA memberikan pengertian yang lebih luas yaitu gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak permukaan bumi dan benda-benda angkasa, hal ini dikarenakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia yang membuat manusia berpikir tentang objek-objek tertentu yang tak terjangkau dan menimbulkan banyak tanda tanya. Jadi, secara umum peta dapat didefinisikan sebagai gambaran seluruh atau sebagian dari permukaan bumi dan luar angkasa dalam sebuah bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu.

} Eksposisi Proses
Banyak tokoh-tokoh besar terlahir dari dunia kampus, walaupun mereka berasal dari keluarga kekurangan atau bertempat tinggal di daerah terpencil, mereka tetap bisa menjadi sukses. Apa kuncinya? Tidak lain dan tidak bukan adalah menempuh jenjang perkuliahan. Namun terdapat banyak hambatan, antara lain adalah masalah ekonomi. Nah, dibawah ini ada beberapa kiat memilih tempat dan jurusan yang tepat dalam mengatasi masalah ini. Pertama bandingkan jurusan yang dipilih dari universitas tertentu yang memiliki biaya kuliah paling murah tanpa mengorbankan mutu dari jurusan itu sendiri ; kedua, pilih jurusan yang diberi subsidi oleh pemerintah ; ketiga, memeriksa apakah di universitas yang kita tuju ada dispensasi biaya pendaftaran dan biaya kuliah ( SPP ) ; keempat, memilih kuliah ikatan kedinasan yang biasanya gratis dan bisa langsung berkerja setelah tamat ; kelima, mulailah berburu program beasiswa yang saat ini sudah menjamur, baik dari pemerintah maupun swasta dengan tujuan universitas dalam negeri maupun luar negeri.
 
} Eksposisi Klasifikasi
Virus ternyata memiliki banyak pengelompokkan yang didasarkan pada konsep tertentu, salah satunya adalah berdasarkan jenis hospes atau inangnya. Ada virus yang menyerang bakteri, salah satu contoh yang paling terkenal adalah bakteriofag. Kemudian ada virus yang menyerang tumbuhan, contohnya adalah Tobacco Mosaic Virus yang menyebabkan penggulungan daun tembakau dan virus tungro yang membuat padi menjadi kerdil. Lalu ada virus yang menyerang hewan dan manusia, contohnya adalah New Castle Disease yang menyebabkan tetelo pada ayam, lalu ada Human Immunodeficiency Virus yang menyebabkan penyakit AIDS pada manusia.Virus ini menyerang system kekebalan tubuh manusia, menyebabkan manusia akan sangat rentan terkena serangan penyakit.

} Eksposisi ilustrasi
 Salah satu bentuk dari masalah ekonomi klasik adalah masalah produksi. Karena  merupakan masalah ekonomi klasik, tingkat kerumitan masalahnya masih rendah. Dasar pemikiran masalah ini adalah bagaimana cara melakukan produksi barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Misalnya di suatu kota ada sebuah perusahaan roti, jika makanan pokok atau permintaan terhadap roti cukup tinggi di kota itu, maka perusahaan itu perlu memproduksi roti sesuai dengan survey pasar yang telah dilakukan. Apabila hasil taksiran persentase kebutuhan akan roti yang didapat dari survey pasar itu benar, maka perusahaan dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Namun, hasil produksi juga bisa terbuang sia-sia jika produsen tidak mampu melakukan penaksiran terhadap kemampuan konsumen untuk membeli roti tersebut.

} Eksposisi laporan
Bencana alam kembali terjadi di bumi pertiwi. Puting beliung disertai gelombang setinggi 3 meter dari sungai Kapuas menyebabkan 13 rumah warga hancur di kelurahan Bangka Belitung laut, kecamatan Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat. Peristiwa ini terjadi pada hari Jum’at, 9 September 2011. Pada saat angin putting beliung berlangsung, gelombang air dari sungai Kapuas menghantam perumahan warga. Hal ini semakin diperparah dengan tidak adanya tanaman atau pohon pelindung seperti bakau yang bisa menahan laju gelombang agar kerusakan tidak semakin parah.

} Eksposisi Perbandingan
Masalah ekonomi adalah salah satu masalah social terbesar saat ini. Masalah ekonomi tentu berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan dalam diri manusia yang terkadang sering dicampur adukkan. Kebutuhan itu diungkapkan bukan dengan minat atau angan-angan, tapi bersifat konkret. Konkret disini maksudnya adalah dengan memperihatkan kemampuan untuk benar-benar membeli barang atau jasa yang harus dipenuhi dan akan berakibat fatal jika tidak bisa terpenuhi. Berbeda dengan keinginan yang masih berupa angan-angan yang tidak akan mengganggu kelangsungan hidup apabila tidak dapat terpenuhi. Keinginan yang tidak terbatas dari manusia inilah yang menjadi inti masalah dari ilmu ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar